Bupati Lotim Minta Dekopinda Lakukan Konsolidasi Untuk Kemajuan Koperasi

Bupati Lombok Timur H. M Sukiman Azmy, Minggu (28/11/2021). (CBM) 


Centang Biru Media, Lotim- Bupati Lombok Timur, H M Sukiman Azmy meminta kepada

Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Lotim, untuk melakukan konsolidasi dan koordinasi untuk memajukan Koperasi di Lotim. 


H Sukiman juga meminta kepada Dekopinda untuk melakukan inventarisasi aset-aset Koperasi yang ada di Lotim, Secara kewenangan. Sebab, Dekopinda menjadi satu-satunya lembaga yang memiliki wewenang untuk melakukan hal tersebut.


"Saya melihat saat ini banyak aset koperasi banyak yang dikelola secara pribadi. Sehingga kami berharap dengan inventarisasi pengelolaannya menjadi lebih baik," beber Sukiman pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dekopinda Lotim, yang berlangsung di LLK Selong dengan tema Meningkatkan Silaturahmi dan Koordinasi dalam Mewujudkan Koperasi yang Maju dan Mandiri serta Siap Bersaing di Era Digital Sabtu, (27/11).


Selain itu, yang menjadi perhatiannya ialah keberadaan ratusan koperasi yang tersebar di wilayah Lotim, yang sudah tidak aktif dan mati suri.


 “dari 541 Koperasi yang ada di Lombok Timur, 239 yang aktif, sisanya mati suri,” ungkapnya.

 

Kaitan dengan itu, Dekopinda diminta untuk memberdayakan seluruh Koperasi yang ada di Lotim. Salah satunya melalui penggabungan Koperasi di masing-masing tingkatan, sehingga seluruh Koperasi menjadi berdaya. 


Terlebih saat ini, kementerian Koperasi telah menjanjikan dukungan pendanaan dengan jumlah hingga milyaran rupiah bagi gabungan Koperasi.


Ia mengingatkan penting pula koperasi untuk mendorong digitalisasi Koperasi. Tidak hanya untuk kemajuan melainkan pula untuk keterbukaan.


"Kami harapkan Dekopinda ini dapat melakukan pembinaan kepada Koperasi yang masih banyak tidak ditangani dengan baik," tutupnya.

Posting Komentar untuk "Bupati Lotim Minta Dekopinda Lakukan Konsolidasi Untuk Kemajuan Koperasi"