Pemkab Lotim, Tetapkan Lotim Berstatus Siaga Darurat Bencana

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Lotim, Iwan Setiawan, Senin (29/11/2021). (CBM/Gibran) 


Centang Biru Media, Lotim- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur, telah menetapkan wilayah Lotim menjadi siaga darurat bencana. Hal tersebut dikarenakan bulan November ini curah hujan yang tinggi.


Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Lotim, Iwan Setiawan mengatakan, curah hujan yang tinggi yang menimpa NTB khususnya daerah Lotim menyebabkan rawan terjadinya bencana.


"Karena memang akhir-akhir ini intensitas ujan sangat tinggi sehingga rawan akan terjadinya bencana. Makanya kita menetapkan Lotim dalam status siaga darurat bencana," bebernya saat di temui Centang Biru Media di ruangannya, (29/11).


Selain itu, hal tersebut juga berdasarkan peringatan BMKG dan SK dari Bupati Lotim, untuk menetapkan Lotim, berstatus darurat siaga bencana seperti longsor, banjir dan angin puting beliung akibat dampak dari badai la nina.


Kata dia, untuk mengantisipasi dampak tersebut, sejauh ini pihak BPBD Lotim bersama TNI-Polri, Damkar, dan RSUD secara bersama-sama melakukan misi penyelamatan bagi masyarakat. 


"Semua wilayah sudah masuk dalam status siaga bencana, karena badai la nina ini tidak bisa kita prediksi," terangnya


Sejauh ini, BPBD Lotim juga terus berkoordinasi bersama BMKG untuk memantau pergerakan badai la nina. Dirinya berharap badai tersebut tidak melewati Pulau Lombok agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. 


"Selain dampak la nina kita juga mewasapadai dampak dari hujan dengan intensitas yang tinggi karena itu juga bisa menyebabkan bencana seperti lonsor dan bajir, untuk itu kita harus tetap siaga," tutupnya. 

.

Posting Komentar untuk "Pemkab Lotim, Tetapkan Lotim Berstatus Siaga Darurat Bencana"