Program STBM Baru Dideklarasikan di Satu Kecamatan di Lotim

Kepala Dinas Kesehatan Lombok Timur H. Pathurrahman, Kamis (25/11/2021). (CBM) 


Centang Biru Media, Lotim - Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Lombok Timur (Lotim) yang tengah digencarkan Dinas Kesehatan (Dikes) Lotim, saat ini baru satu kecamatan yang sudah mendeklarasikan nya yakni Kecamatan Suralaga.


Kepala Dikes Lotim, H Pathurrahman mengungkapkan, program STBM yang tengah digencarkan tersebut akan segera dideklarasikan juga oleh Kecamatan-kecamatan yang lain juga, seperti Kecamatan Labuhan Haji yang dalam waktu dekat ini akan melakukannya.


 "Insyaallah Minggu depan Kecamatan Labuhan Haji juga akan menyusul untuk mendeklarasikannya, karena mereka tengah melakukan persiapan," terang H Fathurrahman, (25/11).

 

 Kata dia, sebelumnya pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada semua puskesmas yang ada di Lotim untuk dideklarasikan, khususnya pada program sanitarian yang merupakan salah satu dari pilar STBM tersebut.



Adapun lima pilar STBM yang dimaksud ialah masyarakat tidak lagi BAB di tempat sembarangan seperti di sungai atau tempat lainnya selain di jamban. Rajin mencuci tangan pakai sabun, makan dan minum air yang sehat. Masyarakat sudah memiliki pengelolaan air limbah dan pengelolaan sampah. 


"Kita harapkan STBM lima pilar ini bisa berjalan baik agar masyarakat bisa hidup lebih sehat, dan tidak ada lagi masyarakat yang BAB sembarangan, tapi saya yakin kesadaran masyarakat sudah tinggi untuk tidak BAB di tempat sembarangan," tutupnya.

Posting Komentar untuk "Program STBM Baru Dideklarasikan di Satu Kecamatan di Lotim"