Tari Rudat Khas Sasak Butuh Promosi

 

Tari Rudat, Jumat, (12/11/2021). 


Centang Biru Media, Lotim-Peminat Tarian Rudat khas suku Sasak saat ini sudah mulai sedikit, hal tersebut dikarenakan tarain Rudat ini tergerus oleh perkembangan zaman sekarang ini. Untuk itu, para pelaku seni Rudat ini menyiapkan bergabagi langakah promosi untuk mengangkat kembali eksistensinya di tengah masyarakat.


Kepala Desa Aikdewa Mahmud menyampaikan, Desa Aikdewa sebagai salah satu desa yang mempunyai tarian rudat di Lotim.Namun, beberapa tahun terakhir ini, tarian tersebut jarang digunakan oleh masyarakat Lotim sebagai hiburan ketika ada acara-acara Keagamaan atau acara adat.


" tarian ini, (tari rudat-red) saat ini sudah agak tergeser, Hampir tidak ada satu pun yang mau menggunakan jasa kita sekarang," ucap Mahmud di ruangannya, Jumat (12/11). 


Tidak hanya itu, saat ini para generasi muda juga sudah enggan untuk melestarikan tarian tersebut, hal itu terlihat para generasi muda merasa enggan untuk mempelajari tarian khas Sasak itu. 


Kendati demikian, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan langkah-langkah pembinaan dan promosi oleh berbagai pihak salah satunya ialah para pengurus Rudat Al-Guri.


"Langkah promosi yang kami siapkan dan pelaku seni rudat berupa pembuatan event dengan bertemakan rudat," katanya


Semntara itu, Saifudin Zohri selaku Pembina Rudat Al-Guri Desa Aikdewa menambahkan, selain melakukan promosi dirinya bersama Pemdes Aikdewa akan melakukan pelatihan dan pembinaan kepada anak-anak setempat untuk diperkenalkan tarian khas suku Sasak sejak dini agar tarain tersebut tidak hilang dimakan Zaman.


"Sebenarnya kita dari beberapa tahun lalu sudah mencanangkan promosi ini dengan menggelar sebuah event bersama Pemdes, tapi karena adanya Pandemi legitan itu terpaksa kami tidak bisa kami lakukan," ujarnya.


Dirinya berharap, semua pihak di Lotim bisa mengambil bagian dalam mempromosikan tarian Rudat tersebut, khususnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lotim, agar memberikan perhatian kepada tarian Rudat yang ada di Lotim.

Posting Komentar untuk " Tari Rudat Khas Sasak Butuh Promosi"