Aliran Sungai Terhalang Sampah, Air Meluap ke Pemukiman di Sakra Timur

 

Air luapan yang terjadi di Desa Menceh, Kecamatan Sakra Timur, Senin (13/12). 




Centang Biru Media, Lotim- Banyaknya sampah di aliran sungai mengakibatkan air sungai di Desa Menceh, Kecamatan Sakra Timur meluap. Sehingga air sungai naik ke pemukiman warga. 


Kepala Desa Menceh, Idrus mengungkapkan, air luapan tersebut terjadi di Dusun Menceh yang diakibatkan karena intensitas hujan yang tinggi dan aliran air yang terhalang oleh tumpukan sampah kiriman dari wilayah hulu. 


"Saat musim hujam biasanya air sungai jadi deras, namun bayaknya sampah diaungi ini membuat air jadi terhalang sehingga meluap ke pemukiman," bebernya (13/12). 


Kata dia, meluapnya air suangai tersebut murni dikarenakan tersumbatnya air sungai oleh sampah. Adapun akibat luapan sungai tersebut mengakibatkan satu dusun di sekitar sungai tergenang. 


Beruntung tidak ada korban jiwa maupun kerusakan pada rumah warga. Karena lupan tersebut dinilai hanya lupan biasa yang kerap terjadi ketika musim hujan.


"Tidak ada rumah warga yang rusak, karena itu hanya luapan biasa dan waktu itu juga debit air tidak terlalu besar sehingga masih bisa diatasi oleh warga," imbuhnya.


Untuk mengantisipasi adanya lupan air di kemudian hari, dirinya berharap kepada masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah di sepanjang aliran sungai, sehingga ketika musim hujan dan debit air sungai besar tidak membuat air sungai menjadi meluap.


"Kami harap masyarakat tidak lagi lah buang sampah di sungai, karena bisa saja luapan air tinggi sehingga membuat banjir," tutupnya.

Posting Komentar untuk "Aliran Sungai Terhalang Sampah, Air Meluap ke Pemukiman di Sakra Timur"