Lotim Sabet Penghargaan TPKAD Award

Wakil Bupati Lotim, H Rumaksi saat menerima piala award, Kamis (16/12/2021). (CBM) 


Centang Biru Media, Lotim- Melalui program Lombok Timur Berkembang, Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Lotim berhasil menyabet penghargaan sebagai Kabupaten terbaik kategori inovasi program pengembangan akses keuangan di sektor peternakan. 


TPAKD Award tersebut  diperuntukkan bagi Pemerintah Daerah yang berhasil mengimplementasikan program perluasan akses keuangan di daerah dengan sangat baik.


Wakil Bupati Lotim H.Rumaksi Sj menyampaikan keberhasilan Lotim meraih penghargaan tersebut berkat program Lombok Timur berantas rentenir melalui kredit tanpa bunga (Lotim Berkembang) yang dicanangkan sejak 2020 lalu.



"Realisasi program Lotim berkembang sampai dengan tanggal 16 Desember ini telah menjangkau sebanyak 792 kelompok peternak dengan jumlah peserta yang realisasi pembelian sapi sebanyak 4.569 orang," terang Rumaksi, 


Rencananya program tersebut akan dilanjutkan tahun pada 2022 mendatang dan diperluas penerimanya, yaitu dengan menyasar UMKM.


Penilaian telah dilakukan sebelumnya, termasuk melalui virtual assessment yang berlangsung Jumat (19/11), sehingga Lotim menjadi satu dari tujuh kabupaten/ kota yang mendapatkan penghargaan yang dibagi dalam berbagai kategori tersebut.


Semntara itu, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso usai menyerahkan penghargaan, selain mengucapkan selamat kepada daerah yang telah mendapatkan TPAKD Award juga berharap penghargaan tersebut bisa menjadi semangat untuk lebih baik lagi ke depan


“Kita harus lebih optimistis ke depan, agar kita dapat melaksanakan tugas kita dengan lebih leluasa, dan memberikan manfaat yang lebih banyak kepada masyarakat,” ujarnya.


Ia mengingatkan tanpa kontribusi dan sinergi Pemerintah Daerah, maka program pemerintah pusat dan program lainnya tidak akan berjalan secara efektif dan optimal.


Sementara itu, Plh. Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian dalam Negeri (Kemendagri) Agus Fatoni menjelaskan Rakornas TPAKD merupakan salah satu wujud nyata kebersamaan mendukung pemulihan ekonomi pada masa pandemi.


 “Terimakasih kepada OJK, Bank Indonesia, seluruh Gubernur dan Bupati yang telah bersinergi dan menyamakan persepsi dalam pemulihan ekonomi nasional pada masa pandmi,” ungkapnya.


Dirinya menilai semua pihak merasakan dampak pandemi yang berpengaruh terhadap turunnya ekonomi global, termasuk terhadap laju ekonomi nasional.


Karena itu peranan TPAKD dalam pemulihan ekonomi nasional sangatlah penting, sebagaimana tujuan TPAKD seperti mendorong ketersediaan akses keuangan yang seluas-luasnya kepada masyarakat dalam rangka mendukung perekonomian daerah; menggali potensi ekonomi daerah yang dapat dikembangkan dengan menggunakan produk dan layanan jasa keuangan.

Posting Komentar untuk "Lotim Sabet Penghargaan TPKAD Award"