Masbagik Jadi Kecamatan Terendah Capaian Vaksin di Lotim

Proses Vaksinasi, Jum'at (03/12/2021). (CBM)


Centang Biru Media, Lotim- Sebanyak tiga kecamatan di Lombok Timur, masih rendah angka capaian vaksinasi dosis pertamanya. Tiga kecamatan tersebut yakni, kecamatan Masbagik, Selong dan Sakra


Juru Bicara (Jubir) Covid-19 Lotim, Sinawan mengungkapkan masih rendahnya capaian vaksinasi di tiga kecamatan tersebut dikarenakan tingginya jumlah sasaran yang harus mendapatkan vaksinasi.


 "Karena jumlah sasarannya yang tinggi dan jumlah penduduknya banyak. Capaian rendah bukan terkendala karena stok vaksin yang terbatas," bebernya, Rabu (01/12). 


Selain jumlah sasaran yang banyak,  juga Tim Vaksinator kesulitan dalam menyasar target vaksin dikarenakan masyarakat setempat lebih banyak beraktivitas di pagi hari. 


"Karena kebanyakan masyarakatnya disana (Masbagik-res) itu banyak yang beraktivitas di pagi hari, jadi nakes sulit untuk bertemu," katanya.


Kata dia, meski Lotim sudah mencapai herd immunity, namun masing-masing kecamatan juga memiliki target capaian vaksinasi sebanyak 70 persen dari populasi penduduk.


Meskipun dikatakan masih rendah, akan tetapi capaian vaksinasi di Masbagik per tanggal 30 November sudah mencapai 63,66 persen untuk dosis pertama. Sementara untuk dosis keduanya baru mencapai 29,49 persen. 


"Capaian yang rendah ini rata-rata diatas 60 persen, tidak ada yang berada dibawah 60 persen," sebutnya. 


Sementara untuk kecamatan yang capaian vaksinasi tertinggi di Lotim ialah Kecamatan Suralaga, dengan jumlah capaian 81,08 persen untuk dosis pertamanya dan sebanyak 47,30 persen untuk capaian kedua.


"Kemudian yang tinggi capaian vaksinasinya itu Kecamatan Lenek, sebanyak 79,33 persen. Yang paling rendah capaiannya itu Kecamatan Masbagik," imbuhnya. 


Hingga saat ini, capaian vaksinasi di Lotim sudah mencapai 74,75 persen untuk dosis pertama. Sedangkan untuk dosis kedua baru mencapai 39 persen.

Posting Komentar untuk "Masbagik Jadi Kecamatan Terendah Capaian Vaksin di Lotim"