Pasar Lama Masbagik Akan Dijadikan Sentra Kuliner

 

Pasar lama Masbagik, Selasa (28/12/2021). (CBM/Gib).

Centang Biru Media, Lotim- Pasar lama Masbagik, Kecamatan  Masbagik, Lotim yang kini telah berubah menjadi pusat pertokoan akan disulap menjadi sentra kuliner oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lotim, sebab pasar tersebut dinilai tidak berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.


Kepala Bidang Sarana dan Distribusi Pasar Dinas Perdagangan Lotim, Mirza Sophian mengatakan, bangunan yang akan dijadikan sebagai sentra kuliner ialah bangunan lantai dua, dan rencananya bangunan tersebut nantinya akan diisi oleh berbagai macam kuliner dan produk UMKM.


"Rencananya akan dijadikan sebagai sentra kuliner dan tempat penjualan hasil produk para UMKM, kita tinggal desain sedikit saja," bebernya, Senin (27/12/2021). 


Dijelaskannya,rencana pembuatan sentra kuliner di Lantai dua pasar Masbagik tersebut merupakan direksi langsung dari Bupati Lotim, H M Sukiman Azmy, dengan harapan keberadaan sentra kuliner tersebut bisa membangkitkan prekonomian masyarakat khususnya masyarakat setempat.


"Nanti di sana kita juga akan buat semacam tempat tongkrongan, kalau sudah ada desainnya itu kan terlihat bentuknya kayak gimana ,tapi kita akan diskusikan dulu bersama masyarakat dan stakeholder," imbuhnya.

 

Adapun, untuk biaya pembuatan sentra kuliner tersebut diperkirakan akan menghabiskan anggaran sekitar Rp 1 miliar, dengan rincian pembangunan fisik sekitar Rp900 juta, konsultan perencanaan Rp60 juta, dan pengawasan Rp40 juta. 


Pembangunan tersebut direncanakan pada bulan April atau Mei tahun 2022 mendatang. Tahap awal akan disusun desain perencanaan, kemudian dilakukan tender fisik dan pembangunan. 


"Mudah-mudahan tidak ada hambatan, kalau tidak ada kita akan mulai pada bulan April atau Mei itu," jelasnya.


Sementara itu,Salah seorang warga Masbagik, Sofiyanto mengungkapkan rencana Pemkab Lotim, untuk pembangunanan centra kuliner tersebut sangat disambut baik oleh masyarakat sekitar, mengingat selama ini pasar Masbagik tersebut dinilai kurang dalam pengelolaan. Terlebih saat ini, Pemkab Lotim sedang mengharapkan semua pasar di Lotim harus bisa meningkatkan PAD. 


"Tapi yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai dengan keberadaan sentra kuliner itu mengakibatkan arus lalu lintas jadi macet seperti pengalaman-pengalaman tahun lalu, karena lokasinya di perempatan," jelasnya.


Dirinya berharap, jika sentra kuliner tersebut sudah jadi dan berjalan, agar Dinas terkait bisa memperhatikan kebersihan dan keamanan makanan di tempat tersebut. Serta tidak mengakibatkan pusat Masbagik menjadi terlihat kumuh seperti sebelumnya.

Posting Komentar untuk "Pasar Lama Masbagik Akan Dijadikan Sentra Kuliner"