Sempat Diberitakan Meninggal, Salah Seorang Korban Kapal Karam di Malaysia Selamat

Para korban yang selamat, Selasa (21/12/2021). (CBM/Istimewa) 


Centang Biru Media, Lotim-Yoan Eki Sudiatma Asal Dusun Kedondong, Desa Pringgasela Selatan, Lombok Timur,  merupakan salah satu penumpang dari kapal karam di perairan  Malaysia beberapa waktu lalu dan sempat dikabarkan bahwa meninggal akibat peristiwa tersebut. Namun beberapa hari setelah peristiwa tersebut Yoan akhirnya ditemukan dalam keadaan selamat. 


Sudirman Ayah Yoan menceritakan, kabar selamatnya Yoan pertama kali di ketahui oleh keluarga setelah melihat postingan korban kapal karam yang selamat di media sosial, ternyata keluarga melihat sosok Yoan ada di sana.


"Setelah kami lihat Poto itu, kemudian membuat kami kebingungan. Sehingga saya langsung mencoba menghubungi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Malaysia untuk memastikan keadaan anak saya," bebernya.


Kata dia, pada saat menghubungi pihak KBRI, pihak KBRI langsung merujuk laporan tersebut ke KJRI Johor Baru, untuk mendapatkan informasi yang lebih pasti terkait keberadaan Yoan.


Setalah berhasil berkomunikasi dengan pihak KJRI, keluarga langsung mengirimkan Poto anaknya melalui whatsapp. Berdasarkan Poto Yoan yang dikirim tersebut sehingga pihak KJRI berhasil mengidentifikasi Yoan dalam keadaan selamat.


" setelah poto-poto saya kirim ke KJRI dan Alhamdulillah, ternyata anak saya selamat dalam peristiwa itu," katanya.


Kata dia, dirinya mengetahui Yoan akan berangkat ke Malaysia secara nonprosedural pada saat dia akan berangkat. Sehingga ia tidak bisa melarang Yoan untuk pergi dikarenakan proses pemberangkatan akan berlangsung. 


"Saya baru tau dia akan berangkat secara ilegal ke pada saat mau berangkat, jadi mau tidak mau ya saya izinkan dia berangkat hari itu,tapi Alhamdulillah dia selamat dalam tragedi itu," terangnya.


 Akan tetapi, meski Yoan sudah diketahui selamat dari maut tersebut, namun Yoan akan tetap menjalani proses hukum yang berlaku di  Malaysia, mengingat para korban khususnya Yoan masuk ke Negara Malaysia secara ilegal/ nonprosedural.


"Karena para korban ini masuk secara nonprosedural, maka akan diproses hukum sesuai ketentuan hukum yang berlaku di Malaysia, tapi tetap kita akan dampingi korban yang selamat ini," beber Abri Danar Prabawa selaku Kepala UPT BP2MI Wilayah NTB.

Posting Komentar untuk "Sempat Diberitakan Meninggal, Salah Seorang Korban Kapal Karam di Malaysia Selamat"