TNGR Bersama Relawan Kumpulkan 5 Ton Sampah dari Gunung Rinjani

Sampah yang berhasil dikumpulkan para relawan, Senin (27/12/2021). (CBM/Gib) 


Centang Biru Media, Lotim- Pihak Teman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) bersama sejumlah relawan, berhasil mengumpulkan 5 ton sampah di Gunung Rinjani yang dilakukan dalam giat Rinjani Meriri.


Kuswandi Harun dari Organisasi Stuk Rinjani Mountain selaku Koordinator Acara Rinjani mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan selama dua hari dengan diikuti oleh ratusan relawan yang tergabung dari 25 organisasi pencinta alam.


"Dalam kegiatan itu, kami membagi diri di tiga jalur, jalur pertama di Sembalun,kedua di Torean kemudian jalur Senaru, dan berhasil mengumpulkan sampah kurang lebih sebanyak 5 ton sampah," katanya.

 

Kata dia, guna menjaga Gunung Rinjani bebas dari berbagai macam sampah, selain menelusuri jalan setapak, para relawan juga 

memungut sampah-sampah yang tersembunyi di tebing, hal tersebut salah satu bentuk kecintaan TNGR beserta relawan terhadap Gunung Rinjani.


Setelah berhasil dikumpulkan, sampah-sampah plastik tersebut kemudian dibawa turun oleh para porter yang kemudian nantinya akan dilakukan pengolahan.


"Setelah kami kumpulkan , kemudian dibawa turun, nanti kita akan olah itu  jadi sampahnya tidak kita bakar," katanaya.. 


Dijelaskannya, selain mencipatakan area gunung dari sampah, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada para pendaki untuk tetap menjaga kebersihan alam dan tidak meninggalkan sampah di gunung ketika mendaki.


"Kegiatan ini sekaligus melakukan evaluasi SOP pendakian Gunung Rinjani bagi para pengunjung, agar lebih baik lagi ke depannya, sehingga alam semakin bersih dari sampah-sampah," imbuhnya. 


Sementata itu, Kepala TNGR, Dedi Asriady sangat berterimakasih kepada para relawan yang telah andil dalam kegiatan tersebut. 


"Terimakasih banyak dan kami sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh volunteers Kelompok Pecinta Alam, untuk menciptakan Rinjani bersih dari sampah ," ucapnya.


Ia menyebutkan, kegiatan tersebut juga nantinya akan di jadikan sebagai bahan evaluasi SOP pendakian, sehingga kegiatan tersebut juga nantinya akan dilakukan setiap tahunnya agar Rinjani tetap bersih dari sampah-sampah.

Posting Komentar untuk "TNGR Bersama Relawan Kumpulkan 5 Ton Sampah dari Gunung Rinjani"