Warga Desa Sekitar Mandalika Merasa Naik Kelas Dengan Campur Tangan Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi saat berkunjung ke Kabupaten Lombok Tengah, Jumat (14/01/2022). (CBM/Gib).

CBM - Praya - Warga terharu tidak menyangka perabotnya bahkan rumahnya dimewahkan agar dapat menjadi homestay buat para pengunjung event MotoGP.


Bagi warga kedatangan Presiden Jokowi adalah berkah sebab ia tak hanya membangun mandalika saja tapi juga memberdayakan warga sekitar.


"Alhamdulillah tadinya kita nggak punya apa apa tadinya kita tidur cuma beralaskan tikar sekarang bisa tidur diatas springbed" ujar Sufiati warga Dusun Ebangah Desa Gerupuk Kecamatan Sengkol Kabupaten Lombok Tengah Kamis (13/1).


Menurutnya Presiden Jokowi sangat baik sebab memberdayakan warga dengan membuatkan homestay dan membantu pengrajin UMKM di Lombok tengah sehingga warga bisa menikmati hadirnya MotoGP maupun WSBK yang akan digelar di Sirkuit Mandalika tak jauh dari tempat mereka.


Warga sangat bahagia Presiden Jokowi dan rombongan berkunjung ke rumah mereka yang telah diperbaiki serta dibangun Bazaar Mandalika sebagai sentra kerajinan tangan yang dibangun pemerintah.


Sehingga warga memiliki akses untuk membuka usaha seperti produksi sepatu dan tas yang dapat melengkapi akomodasi event internasional MotoGP.


Bazaar Mandalika merupakan sebuah kawasan UMKM yang menjadi wadah atau sarana berkumpulnya pelaku usaha mikro dan kecil sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. 


Bazar tersebut akan menjadi destinasi wisata baru bagi para wisatawan yang berkunjung ke Mandalika,keberadaan Bazaar Mandalika ini akan menjadi pusat lokasi perdagangan kecil di Kawasan Mandalika. 


“Kita juga ingin agar Mandalika ini tidak hanya urusan balap motor tetapi juga memberikan efek ekonomi, memberikan efek pertumbuhan ekonomi kepada masyarakat. Oleh sebab itu, beberapa desa di sekitar Sirkuit Mandalika telah dibangun homestay yang dibantu dari pemerintah pusat, disiapkan oleh pemerintah daerah,” ujar Presiden.


Saat ini, sebanyak 287 UMKM telah mengisi gerai di Bazaar Mandalika yang terdiri atas usaha kuliner, kecil, dan mikro.

Posting Komentar untuk "Warga Desa Sekitar Mandalika Merasa Naik Kelas Dengan Campur Tangan Presiden Joko Widodo."