Universitas Hamzanwadi Jalin Kerja Sama dengan BPS NTB

Pihak Unham saat MoU dengan BPS NTB, Rabu (03/02/2022). (CBM/Gib). 


Lombok Timur, CBM - Universitas Hamzanwadi melakukan kerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) NTB. Kerja sama itu ditandai dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama antar keduanya. 


Wakil Rektor Universitas Hamzanwadi Dr H Khirjan Nahdi menyambut baik kerja sama ini karena sangat relevan dengan program studi (Prodi) yang ada di kampus ternama di NTB itu.


"Namun kerja sama ini tidak dibatasi pada program studi statistik saja. Program studi yang lain juga mengikuti. Karena kerja-kerja statistik masih relevan juga dengan yang lainnya," kata Khirjan di Mataram, Rabu (03/02/2022). 


Ia berharap kerja sama dapat memberikan manfaat besar bagi kedua pihak. Termasuk dalam konteks membangun NTB gemilang sebagaimana visi pemerintah NTB di bawah kepemimpinan Zul-Rohmi. 


Ia juga menegaskan, melalui kerja sama ini, pemanfaatan data statistik BPS bisa meningkat, termasuk meningkatkan kesadaran statistik di kalangan akademisi sehingga memperkuat sistem statistik nasional yang saat ini terus melakukan terobosan. 


Sementara Kepala BPS NTB Wahyudin mengatakan, terpilihnya Universitas Hamzanwadi, karena satu-satunya universitas di Provinsi NTB yang punya jurusan statistik dan tergabung dalam Forum Pendidikan Tinggi Statistika (Forstat).


"Hal ini, sejalan dengan misi kelima Universitas Hamzanwadi mengembangkan kerja sama multi pihak dalam pengembangan tridharma perguruan tinggi di tingkat lokal, nasional, regional, dan internasional,” ungkapnya. 


Berdasarkan analisis data pengguna Pelayanan Statistik Terpadu (PST) Tahun 2021, terdapat 67,61%  pengguna layanan konsultasi dan permintaan data berasal dari segmen Mahasiswa. 


Hal ini menjadi dasar pentingnya promosi yang lebih intensif kepada segmen pengguna dari akademisi, khususnya mahasiswa agar tingkat kepuasan akan layanan di BPS meningkat.  


Untuk menyasar konsumen dari kalangan akademisi tersebut, diperlukan suatu terobosan berupa penyediaan media promosi di lingkungan akademisi yang interaktif serta mengusung konsep kreativitas, pendampingan intensif, serta bersifat tematik sesuai dengan karakter milenial, yaitu Pojok Statistik.  


"Pemilihan segmen mahasiswa ini didasarkan pada beberapa pertimbangan, salah satunya karena mahasiswa merupakan calon penerus tongkat estafet kepemimpinan bangsa," terangnya. 


Dengan meningkatkan literasi data statistik di kalangan akademisi, ia berharap kesadaran dalam pemanfaatan statistik dalam penyusunan kebijakan akan menjadi kuat.


Pojok Statistik merupakan program kegiatan kolaborasi antara BPS baik BPS RI maupun BPS Provinsi dengan universitas.  Program kegiatan ini merupakan salah satu quick wins RB BPS yang ditargetkan pada tahun 2021-2024.

Posting Komentar untuk "Universitas Hamzanwadi Jalin Kerja Sama dengan BPS NTB"