Pemkab Lotim Raih Peringkat Pertama Dalam Pengelolaan DAK Tahun 2021

Sekda Lotim M Juaini Taufiq saat menerima penghargaan, Senin (07/03/2022). (CBM/Gib).


Lombok Timur, CBM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur berhasil meraih peringkat pertama dalam penilaian kinerja pengelolaan DAK Fisik Nasional Tahun 2021 dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia.


Sekertaris Daerah Lotim H M Juaini Taufiq menyampaikan ,keberhasilan tersebut  akan menjadi motivasi Pemkab Lotim untuk bekerja lebih cepat dan tepat kedepannya.


"Penghargaan ini akan menjadi motivasi kami untuk bekerja lebih cepat dan tepat kedepannya," terang Juaini usai menerima plakat penghargaan, sebagai kabupaten dengan kinerja DAK Fisik Terbaik Nasional dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang diserahkan kepala KPPN Selong Yuspartinah pada Senin (7/3).


Menurut Juaini, Penghargaan tersebut merupakan bonus atas kinerja seluruh pihak, terutama OPD dengan DAK Fisik terbaik seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta Dinas Kesehatan.


Ia menekankan tidak hanya ketepatan, kecepatan dalam penyaluran DAK Fisik juga menjadi hal yang sangat penting, mengingat semakin cepat pembangunan fisik rampung, praktis akan mempercepat pemanfaatannya oleh masyarakat serta berdampak terhadap sektor lainnya, termasuk ekonomi masyarakat.


"Belanja pemerintah masih menjadi penggerak utama perekonomian masyarakat di Lotim," katanya.


Menyusul prestasi tersebut, selain mempertahankan prestasi dan kinerja DAK Fisik di tahun 2022 ini. Dirinya sebagai koordinator OPD mendorong kinerja DAK Non Fisik seperti di sektor pendidikan dan kesehatan agar terus membaik. 


Ditargetkan pekan ke tiga Maret mendatang sudah ada pencairan. Sehingga dirinya berharap secara teknis pengelola DAK Non Fisik dapat menimba pengetahuan dan pengalaman dari pengelola DAK Fisik.


 Menyinggung Dana Desa (DD) yang sedikit mengalami hambatan karena sejumlah penyesuaian porsi pemanfaatan DD,

 

"Kami akan terus mendorong Desa melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), utamanya untuk menyelesaikan APBDes sebagai syarat utama pencairan DD," ucapnya.


Adapun keberhasilan Lotim dalam meraih peringkat pertama kinerja pengelolaan DAK Fisik tersebut,  dikarenakan memenuhi indikator penilaian meliputi realisasi penyaluran DAK dari Kas Umum Negara ke rekening Kas Umum Daerah, Penyampaian laporan realisasi belanja DAK, serta efektivitas penggunaannya, termasuk penyampaian APBD dan jumlah kontrak.

Posting Komentar untuk "Pemkab Lotim Raih Peringkat Pertama Dalam Pengelolaan DAK Tahun 2021"