Rakerda Ke 1 SMSI Lotim Digelar dengan Cara Sederhana

Ketua SMSI NTB saat memberikan penghargaan kepada Pemkab Lotim, Sabtu (05/03/2022). (CBM/Gib).


Lombok Timur, CBM - Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Lombok Timur menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) pertamanya sekaligus memperingati HUT SMSI yang Ke-5. Acara tersebut digelar dengan cara sederhana di Wisma dr Raden Soedjono  pada 5-6 Maret 2021.


Ketua SMSI Lotim, Suhaidi mengatakan rakerda ini merupakan  rangkaian kegiatan menyambut HUT SMSI dan pada rakerda itu juga dirangkaikan juga dengan menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan. 


Pada rakerda saat ini diharapkan bisa menghasilkan program yang bermutu untuk kemajuan bersama, terutama sinergitas pemda dengan media dan menjalin kolaborasi dengan seluruh stakeholder. 


Ketua SMSI NTB, H.M Syukur pada acara tersebut menyampaikan, Rakerda ini merupakan momentum yang mampu menghasilkan keputusan-keputusan yang memberikan manfaat bagi anggota, tujuan organisasi ini juga salah satunya untuk mensejahterakan media. Perusahaan pers harus sehat dan jurnalis yang sejahtera. 


"Kehidupan jurnalis sangat bergantung pada roda ekonomi, sementara kita tau kesejahteraan jurnalis juga seperti apa," katanya saat sambutannya pada acara tersebut, Sabtu (05/03). 


Dikatakannya hanya SMSI Lotim yang mampu menggelar rakerda di tengah semrawutnya ekonomi di tengah pandemi. SMSI ini berdiri karena memikirkan nasib dan masa depan media ditengah distorsi informasi yang sudah terpuruk, karena media cetak sekarang kondisinya sungguh memperihatinkan di tengah meningkatkan kemajuan tekhnologi. 


"Media harus meningkatkan kualitas jurnalis dan modernisasi media," pintanya. 


Salah satu untuk meningkatkan kualitas jurnalistik yakni tentunya dengan mengikuti UKW dan pelatihan-pelatihan lainnya. 


Diungkapkan Syukur, Bupati Lotim merupakan pemerintah yang responsif terhadap masyarakat yang membutuhkan, itu dilihat dari berhasilnya operasi anaya dan inaya. Ia berharap sinergitas SMSI dan pemda terus terjalin baik, dan tentunya jika ada masalah diselesaikan dengan cara duduk bersama. 


"Teruslah berkolaborasi positif dengan pemerintah , tantangan ke depan tentunya tidak lebih ringan dari sekarang," tuturnya. 


Sekda Lotim, M. Juaini Taofik mengakui betapa pentingnya berkolaborasi dengan media untuk penyampaian informasi, ia ingin berbagi dengan seluruh OPD bahwa  salah satu starategi dalam mensukseskan program yakni berkolaborasi dengan media untuk lebih maju ke depannya. 


"Tahun 2020 kita belum memperhatikan media, akhirnya sekarang dapat bekerjasama dengan begitu baik dan akan lebih meningkat ke depannya," jelasnya. 


Taofik menyadari banyak kegiatan yang direncanakan dan dilaksanakannya, namun jika tidak diinformasikan oleh media tentunya tidak tersampaikan ke masyarakat. 


"Kita melibatkan media untuk bersama-sama menekan covid untikelawan berita hoaks di masyarakat, dan alhamdulillah kita bisa menjadi yang terbaik dalam penanganan Covid," ungkapnya. 


Terdapat lima unsur penting diungkapkan oleh Taofik dalam birokrasi seperti pemerintah, perguruan tinggi, media, ormas, dan masyarkat. Jika lima hal tidak lengkap salah satunya maka birokrasi juga akan sulit. 


"Pers salah satu harus sehat dan tentunya juga kesejahteraannya. Saya yakin ke depannya bisa berkolaborasi dengan dunia usaha seperti hotel atau homestay bersama media terutama pada desa-desa wisata," ujarnya. 


Di samping berkolaborasi dengan pemerintah, Taofik jjuga menekankan media untuk berkolaborasi dengan sektor usaha, ia meminta pada SMSI untuk bagaimana mendorong  kolaborasi dengan dunia usaha dalam menjalani legasi untuk kesejahteraan masyarakat. 


Ia berharap kepada SMSI untuk mendorong pemberitaan yang berkualitas untuk menyediakan berita yang berimbang, apapun konten yang masuk melalui medsos, masyarakat selalu berkata bahwa itu benar. Sehingga media juga harus terus sehat dalam pemberitaannya. 


"Saya berharap rekan yang tergabung di SMSI untuk meningkatkan kualitas, kritik boleh tapi harus cover bothside agar tidak ada salah paham," pungkasnya.

Posting Komentar untuk "Rakerda Ke 1 SMSI Lotim Digelar dengan Cara Sederhana"