Peringati Hari Besar Islam, Pemuda Aikdewa Gelar Berbagai Macam Lomba

 

Lomba panjat pinang, Rabu (04/05/2022). (CBM/Gib). 


Lombok Timur, CBM - Berbagai cara yang dilakukan masyarakat dalam memeriahkan hari lebaran, biasanya menggelar berbagai kegiatan ataupun lomba sebagai hiburan setelah satu bulan menjalani ibadah puasa.

Panjat pinang memang menjadi salah satu hiburan masyarakat yang selalu ada di setiap momen hari-hari besar, baik itu pada momen kemerdekaan RI maupun hari besar lainnya seperti PHBI.

Seperti yang dilakukan oleh pemuda Dusun Aikdewa Selatan, Desa Aikdewa, Kecamatan Pringgasela. Dalam memeriahkan momen lebaran atau biasa dikenal dengan Peringatan rutin menggelar berbagai macam event, aalah satunya panjat pinang.

Ketua Panitia PHBI Aikdewa, Saparwadi mengatakan bahwa dalam memeriahkan hari besar islam pemuda Aikdewa Selatan rutin menggelar berbagai lomba untuk masyarakat setempat, mulai dari memeriahkan bulan Ramadan hingga pada momen lebaran tiba.

"Kita setiap tahun selalu menggelar kegiatan PHBI selama satu bulan penuh yang dimulai pada bulan Ramadan," kata Jabot panggilan akrabnya saat ditemui di lokasi acara, Rabu (04/05).

Dalam memperingati PHBI pada bulan Ramadan, pemuda Aikdewa menggelar lomba religi seperti tahfidz, adzan, cerdas cermat, puitisasi dan banyak lainnya. Pada saat lebaran tiba dimeriahkan dengan lomba panjat pinang, tarik tambang, eksamen sepeda motor, sepak bola mini, dan banyak lagi.

"Biasanya panjat pinang kita gelar pada sore hari pada hari lebaran, itu kita lakukan untuk menyemarakkan hari lebaran bagi masyarakat," ungkapnya.

Selain menyemarakkan PHBI bagi masyarakat, dengan adanya berbagai lomba itu juga ditujukan untuk meningkatkan jiwa kompetisi dan jiwa kebersamaan antar masyarakat.

"Ini kita tanamkan jiwa kompetisi bagi masyarakat terlebih pada anak-anak, sehingga ketika mereka keluar sudah memiliki bekal mental kompetisi," tegasnya. 

Posting Komentar untuk "Peringati Hari Besar Islam, Pemuda Aikdewa Gelar Berbagai Macam Lomba"