Pertahankan Tarian Sasak, Rudat Mulai Diperkenalkan Pada Anak Usia Dini

 

Tari Rudat saat dipentaskan oleh anak usia dini, Jumat 17/06/2022

Lotim, CBM - Sanggar Rudat Al-Guri Desa Aik Dewa, Kecamatan Pringgasela, Lombok Timur, memperkenalkan tarian rudat khas Sasak kepada anak-anak usia dini

 Hal tersebut dilakukan untuk mempertahankan eksistensi tarian tersebut yang saat ini sudah mulai tergerus oleh zaman.


Pelatih Tari Rudat Al-Guri Desa Aikdewa, Saepudin menyampaikan dewasa ini tarian rudat semakin sepi peminat, sehingga dikhawatirkan eksistensi tarian rudat tersebut hilang ditelan zaman karena tidak ada generasi muda yang mewarisinya ke depan.


"Anak-anak sekarang sibuk dengan Hp masing, main game online dan permainan moderen lainnya, sehingga sangat. Kami merasa sangat mirip sekali melihat keadaan yang sekarang ini, sehingga itu yang mendorong kami untuk memperkenalkan tarian rudat ini ke anak-anak sejak usia dini," beber Saepudin saat ditemui media ini di Paud Mele Pinter Desa Aik Dewa, Jumat (17/06). 


Melihat keadaan sekarang Saepudin bersama rekan-rekannya mulai meperkenalkan tarian saat rudat pada anak-anak untuk menanamkan rasa bangga terhadap budaya Lombok yang ditinggalkan oleh nenek moyang mereka dulu.


Selain itu, kata Saepudin hal tersebut untuk meningkatkan minat anak-anak untuk mempelajari tarian rudat, mengingat anak-anak tersebut merupakan para penerus bangsa agar tarian ini tak hilang oleh zaman. 


"Ini salah satu upaya kami untuk mempertahankan eksistensi budaya ini, agar anak-anak senang dan mau mempelajarinya, karena anak-anak ini harapan kami untuk tetap menjaga eksistensi budaya kita ini agar tidak hilang seiring perkembangan zaman yang semakin modern ini," ucapnya.


Selain itu, untuk memperkenalkan tarian tersebut pada anak-anak, tarian rudat juga sering dipentaskan ketika ada acara-acara seperti Wisuda, pisah kenang bahkan lomba tingkat PAUD dan TK.


"Kalau bukan kita yang memperkenalkan dan menjaga budaya ini siapa lagi yang akan kita harapkan dan kalau bukan sekarang kapan lagi, semoga tarian ini tetap eksis dimasa yang akan datang," tutupnya dengan penuh harap.

Posting Komentar untuk "Pertahankan Tarian Sasak, Rudat Mulai Diperkenalkan Pada Anak Usia Dini"