FPM2 Sakra Timur Tuntut Pemkab Lotim Buat Puskesmas Baru

Hearing FPM2 di Kantor DPRD Lotim, Senin (25/07/2022).(CBM/Gib).


Lombok Timur, CBM- Forum Pemuda, Mahasiswa dan Masyarakat (FPM2) Sakra Timur, menggelar hearing di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lotim, bersama Dinas Kesehatan Lotim dan BPKAD Lotim terkait permintaan pembuatan Puskesmas di Kecamatan Sakra Timur.


Perwakilan FPM2 Sakra Timur Muhammad Mahsyar menyampaikan, Pembangunan Puskesmas di Kecamtan Sakra Timur dinilai sangat penting, mengingat Puskesmas yang ada saat ini belum mampu memberikan pelayanan yang maksimal terhadap masyarakat.


“Puskesmas yang lama ini pernah mendapatkan bantuan untuk rehab mulai dari tahun 2018 sampai 2020 namun Puskesmas tersebut belum memadai untuk pelayanan terhadap masyarakat yang sudah memiliki jumlah Penduduk sekitar 53.063 Jiwa,” jelasnya saat dikonfirmasi seusai hearing di kantor DPRD Lotim, (25/07).


Disebutkan Puskesmas lama yang ada di Lepak hanya memilki 6 ruangan inap dan 1 ruangan persalinan. sementara melihat dari jumlah penduduk yang ada saat ini, menurutnya jelas tidak bisa menampung pasien lebih dari 15 orang ketika rawat inap. 


Selain itu, Kata dia Puskesmas tersebut juga dinilai kurang bagus baik dari sisi pelayanan maupun keadaan Puskesmas itu sendiri yang sangat sempit dan kumuh, sehingga diharapkan dengan jumlah penduduk yang ada saat ini permintaan pembangunan rumah sakit yang baru itu bisa terealisasi dan bisa diprioritaskan mengingat pelayanan kesehatan kepada masyarakat sangatlah penting.


“Masyarakat akan sehat namun dalam kondisi tersebut makin sakit. Masyarakat Sakra Timur meminta keadilan. Bangunkan fasilitas baru yaitu Puskesmas di Sakra Timur karena Puskesmas yang sudah ada di Desa Lepak tidak bisa di kembangkan karena lahan tidak ada,” katanya.


Disebutkannya,  untuk pembangunan Puskesmas baru itu masyarakat Sakra timur sudah menyiapkan lahan seluas 1,5 hektare yang siap untuk dijadikan sebagai lokasi pembangunan puskesmas itu.


“ Sepuluh kepala desa yang ada di Sakra Timur sudah sepakat dan tandatangan untuk menggunakan tanah pecatu Desa Gelanggang sebagai lokasi pembangunan Puskesmas itu dan sudah kita koordinasikan bersama BPKAD” ujarnya.


Sementara itu, Kadis Kesehatan Lotim H Fathurrahman Menyampaikan pihaknya siap mengusulkan dan akan mengupayakan permintaan pembuatan Puskemas baru di Sakra Timur itu. Pada anggaran 2022 mendatang akan diupayakan untuk pembebasan lahan, sementara untuk anggaran pembangunan bangunan barunya akan diupayakan melalui APBD tahun anggaran 2023.


“kalau kita buat Puskesmas baru otomatis bangunanya baru, alkesnya baru dan SDM nya juga baru, maka anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp18 miliar, cukuplah dana itu untuk pembangunan Puskesmas,” Sebutnya.


Adapun setelah puskesmas itu jadi, sambung H Fathurrahman nantinya akan langsung didaftarkan di Kementerian Kesehatan untuk mempermudah puskesmas tersebut mendapatkan tambahan oprasional dan lainnya.

Posting Komentar untuk "FPM2 Sakra Timur Tuntut Pemkab Lotim Buat Puskesmas Baru "