Keberadaan KIHT Diharapakan Bisa Menekan Peredaran Rokok Ilegal

Rakor pemantapan akhir pembangunan KIHT, Selasa (26/07/2022). (CBM/PKP Setda Lotim). 


Lombok Timur, CBM - Keberadaan Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) yang akan dibangun di Eks Pasar Paokmotong diharapkan dapat menekan peredaran rokok illegal, atau rokok tanpa pita cukai, sekaligus diharapkan untuk meningkatkan pelayanan pembinaan industri dan pengawasan terhadap produksi, serta menambah daya saing industri kecil menengah sektor hasil tembakau.


Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan provinsi NTB H. Fathul Gani juga berharap keberadaan KIHT itu juga bisa menjadi potensi penerimaan daerah dari sisi cukai dan pajak daerah.


"Bangunan KIHT ini rencananya akan dibuat menghadap ke barat, karena aturan yang tidak membolehkan KIHT menghadap jalan protokol. Sarana dan prasarana didalamnya juga nanti akan tersedia  seperti gudang, aula, laboratorium, hingga mushalla. ," Sebutnya dalam rapat 

rapat pemantapan persiapan akhir pembangunan KIHT yang berlangsung Selasa (26/7).


Dijelaskannya perizinan KIHT ini sudah lengkap, demikian pula seluruh dokumen pendukung seperti detail engineering desain (DED), dokumen Upaya Pengelelolaan Lingkungan–Upaya Pemantauan Lingkungan (UKL-UPL), termasuk dokumen analisis dampak lalulintas (andalalin).


Sementara itu, Sekda Lotim Muhammad Juaini Taofik pada menegaskan Pemda Lotim sangat berharap akan keberadaan KIHT ini, utamanya demi mendukung peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.


"Salah satu kendala yang ditemui saat ini, yaitu belum tuntasnya pembayaran ganti rugi kepada dua warga akan dilakukan dengan cara menitipkan pada pengadilan negeri selong atau konsinyasi," ujarnya 


Kata dia, Pembayaran harus langsung kepada pihak yang menandatangani perjanjian sewa pertama kali. Usai persoalan konsinyasi yang ditarget rampung dalam pekan ini, sehingga pembongkaran bangunan dapat segera dilakukan.


Disepakati pula untuk memenuhi harapan masyarakat setempat melalui Kepala Desa Paokmotong Herman yang juga hadir pada rapat tersebut, yaitu sosialisasi rencana final pembangunan KIH

Posting Komentar untuk "Keberadaan KIHT Diharapakan Bisa Menekan Peredaran Rokok Ilegal"