Masjid dan Universitas Kebudayaan Gratis Dibangun di Sembalun

Penandatanganan pembangunan Universitas Kebudayaan Gratis di Sembalun, Kamis (15/07/2022).(CBM/Gib). 


Lombok Timur, CBM - Kepala Desa Sembalun Bumbung dan Pemangku Adat Sembalun mewakafkan lahan untuk dijadikan masjid dan Universitas Kebudayaan oleh Yayasan Peneleh Jang Oetama. 


Perwakilan Yayasan Peneleh Jang Oetama Gatot Dwi Hendro mengatakan universitas tersebut nantinya akan dibuka secara gratis bagi masyarakat karena berbasis wakaf. Pembangunan tersebut juga disebutkan sebagai momen untuk mewujudkan dakwah bil hal.


"Universitas ini akan kita buka secara gratis bagi masyarakat karena ini merupakan wakaf," ucapnya saat peletakan batu pertama di Sembalun Bumbung, Kamis (14/07). 


Adapun masjid dan  universitas itu dibangun di atas lahan seluas 1,13 hektare yang diwakafkan langsung oleh Kades Sembalun Bumbung bersama Pemangku Adat. Keberadaan universitas itu diharapkan  menambah rasa cinta terhadap budaya sendiri dan menambah ilmu pengetahuan terkait kebudayaan.


Sementara Bupati Lotim, H. M. Sukiman Azmy yang hadir dalam acar itu menyampaikan permohonan maafnya karena belum mampu memberikan fasilitas kebudayaan lantaran keterbatasan kemampuan daerah. Namun dirinya berjanji akan mengaspal jalan masuk menuju lokasi universitas itu. 


"Nanti jalan masuk ke lokasi ini akan kita aspal, mohon maaf sebelumnya Pemda bel bisa memberikan perhatian lebih, karena kemampuan daerah yang terbatas," ucapnya 


Diharapkan, Masyarakat Sembalun dapat memanfaatkan dan memelihara universitas kebudayaan itu dan mempertahankan adat budaya uang ada, terlebih Sembalun merupakan objek wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Posting Komentar untuk "Masjid dan Universitas Kebudayaan Gratis Dibangun di Sembalun"