Tahun 2023 Lotim Fokus Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Kepala BPKAD saat memimpin upacara, Senin (18/07/2022).(CBM/Gib). 


Lombok Timur, CBM - Fokus dan prioritas kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur pada  Tahun 2023, yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan produktivitas sektor unggulan daerah untuk transformasi ekonomi yang inklusif dengan lima fokus prioritas pembangunan guna menyesuaikan arah kebijakan dan pembangunan nasional juga provinsi NTB. Hal itu disampaikan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah H. Hasni yang menjadi Inspektur pada apel bulanan ASN Timur Lombok, Senin (18/7).


Hasni merinci lima fokus tersebut. Fokus pertama meningkatkan profesionalisme aparatur dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik dan peningkatan PAD Fokus kedua percepatan peningkatan IPM melalui peningkatan angka harapan hidup, penurunan angka stunting dan penurunan angka kematian ibu dan bayi.


"Juga fokus untuk meningkatkan angka harapan lama sekolah dan rata-rata lama sekolah, serta peningkatan pengeluaran per-kapita," ujarnya.


Fokus selanjutnya ialah percepatan penurunan angka kemiskinan, peningkatan pembangunan infrastruktur wilayah secara berimbang, dan kelima adalah peningkatan pembangunan kehidupan keagamaan nilai sosial, budaya dan toleransi masyarakat.


Selain itu, akan fokus untuk peningkatan partisipasi pembangunan perempuan dalam pembangunan, perlindungan anak dan peningkatan pembinaan kepemudaan.


"Laporan pertanggungjawaban APBD tahun 2021 sudah ditetapkan oleh DPRD dan sudah pula dievaluasi Pemprov," sebutnya.


Lebih jauh Hasni menyampaikan, kinerja Pemda pada semester I diharapkan dapat ditingkatkan, khususnya bagi OPD dengan pencapaian masih di bawah 50%. Diingatkannya juga kepada pimpinan OPD untuk Menyusun laporan keuangan memadai dan melakukan input data secara teratur setiap pekan. Hal tersebut terkait pemantauan progres setiap daerah oleh Kementerian Keuangan melalui sistem Satu Data.


Dijelaskan pula realisasi PAD Lombok Timur per-15 Juli tercapai sebesar 35,32%, sisi pajak daerah tercapai 34,69%, retribusi daerah tercapai 36,24% dan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan tercapai 39,65% serta realisasi lain-lain PAD yang sah mencapai 34,84%.

Posting Komentar untuk "Tahun 2023 Lotim Fokus Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi"