Desa Rumbuk Gelar Event Batur Rumbuk III

Prosesi nujak ragi pada event Batur Rumbuk III, Sabtu (27/08/2022). (CBM/Gib).


Lombok Timur, CBM - Desa Rumbuk, Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur menggelar event Batur Rumbuk yang ketiga. Event Batur Rumbuk ini merupakan event tahunan masyarakat Desa Rumbuk. Pada event kali ini mengangkat tema Tujaq Ragi Belek.  


Bupati Lotim H M Sukiman Azmy dalam sambutannya mengaku bangga kepada para pemuda yang berhasil mewujudkan kegiatan tersebut, sebab menurutnya dengan terselenggaranya acara itu  dapat menggerakkan ekonomi masyarakat Lotim khususnya masyarakat Desa Rumbuk sendiri. Terlebih banyak masyarakat Desa Rumbuk yang bermukim di luar daerah menyempatkan diri untuk pulang kampung dan memberikan dukungan dan meramaikan acara.


“Kami berharap acara ini dapat menjadi salah satu daya tarik wisata dan masuk dalam calendar event pariwisata Lotim,” Harapnya saat mebuka Event Batur Rumbuk III di Desa Rumbuk Kecamatan Sakra. Sabtu, (27/08).


Meski acara terebut berjalan lancar namun dirinya sangat menyayangkan kegiatan tersebut tidak melibatkan masyarakat  Rumbuk Timur. Menurutnya kendati telah dimekarkan Rumbuk induk dan Rumbuk Timur memiliki akar yang sama. Karena itu pada pelaksanaan berikutnya ia berharap keduanya dapat berkolaborasi dan bersinergi menyukseskan kegiatan tersebut.


Pada kesempatan tersebut Bupati juga sempat bernostalgia dengan mengingat keberadaan sebuah lapangan yang menjadi pusat keramaian di Rumbuk pada masa remajanya. Lapangan yang bahkan menjadi saksi dicetuskannya Rumbuk sebagai akronim dari  rakyat umum bekerja mati-matian untuk kesejahteraan, untuk kebaikan dan kemajuan. 


“kita harapkan Rumbuk kembali memiliki lapangan yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas masyarakat, termasuk kegiatan serupa yakni event Batur Rumbuk ini,’’ ucapnya.


Sementara itu, Ketua Panitia acara  Ambia Samudra menyampaikan event Batur Rumbuk ini merupakan event tahunan masyarakat Desa Rumbuk dan event kali ini merupakan event yang ketiga kali, namun sejak dua tahun belakangan ini acara tersebut tidak bisa diselenggarkan dikarenakan covid-19.


“Acara ini merupakan acara tahunan masyarakat Desa Rumbuk, namun tahun kemarin karena adanya covid-19 jadi tidak bisa diselenggarakan dan baru tahun ini bisa diselenggarakan lagi,” ungkapnya.


Event tersebut berlangsung selama tiga hari, yang dimulai pada tanggal 26-28 Agustus dengan berbagai agenda seperti bazar produk lokal, parade tujak ragi beleq yang diiringi tembang wayang, lomba kreasi kemasan, hingga parade seni dan lelang produk.


Kata dia, salah satu agenda yakni bazar produk lokal tersebut melibatkan 40 UMKM yang berasal dari Desa Rumbuk dengan menyajikan berbagai olahan makanan khas Desa Rumbuk seperti, Krupuk Kulit ikan laut, Beberok aik pindang, dan berbagai makanan khas desa rumbuk lainnya.


“Acara ini sekaligus sebagai penguat silaturrahmi kami antar masyarakat Desa Rumbuk dan juga masyarakat desa Pringgasela, karena Pringgasela dan Rumbuk adalah saudara. Jadi setelah acara tujak ragi beleq (Menumbuk Bumbu dengan skala besar-red) ini selesai, kita akan begawe desa dan kita makan bersama-sama,” Ungkapnya.


Dirinya berharap pada tahun yang akan datang, acara tersebut bisa lebih meriah dan semua masyarakat Rumbuk bisa berpartisipasi.

Posting Komentar untuk "Desa Rumbuk Gelar Event Batur Rumbuk III"