Ratusan Penghobi Sepeda Gunung Ikuti Event King of Bornong Enduro

Downhill pada event King of Bornong, Sabtu (27/08/2022). (CBM/Gib).


Lombok Timur, CBM - Sebanyak 125 penghobi sepeda gunung dari berbagai kelas mengikuti Event King of Bornong Enduro di Bornong Bike Park, Desa Aik Prapa, Kecamatan Aikmel Lotim yang resmi dibuka Sabtu (27/08).


Event yang baru pertama kali digelar ini sekaligus dimanfaatkan untuk penyerahan SK Ijin Usaha Pemanfaatan Jasa Wisata Alam (IUPJWA) oleh Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR).


"Kami sangat mengapresiasi langkah pemuda Aik Prapa dalam memanfaatkan Taman Nasional sebagai jalur sepeda downhill. Bornong Bike Park menjadi satu dari 27 destinasi wisata yang telah diresmikan," ungkap Desy Asriadi selalu Kepala TNGR, Sabtu, (28/05).


Kedepannya dirinya berharap  taman nasional bisa dijadikan ruang dan akses bagi masyarakat untuk ikut melestarikan dan memanfaatkan kawasan.


Ia menilai dari sisi tekhnis, Bornong Bike Park memiliki kelebihan dari sisi loading yang lebih mudah. Serta dampak ekologi yang ditimbulkan sangat minim.

 

"Sehingga ini yang kita rekomendasi dan terbitkan ijinnya. Dengan menetapkan sebagai destinasi resmi, kita sudah memastikan ruang dan akses untuk kelompok pemuda itu legal," kata dia.


Sementara itu, Penasehat Panitia King of Bornong Enduro, Epol Gawah mengatakan Bornong Bike Park berada pada zona pemanfaatan tradisional. Dari luas sekitar 400-an hektare, Bornong Bike Park menggunakan lahan sekitar 10 hektare sebagai jalur downhill.


"Pada zona tradisional ini, masyarakat diperbolehkan untuk memanfaatkan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK). Sehingga, Bornong memiliki peluang untuk lebih berkembang ke jenis wisata lainnya," ungkapnya.


Kata dia, Kawasan tersebut juga bisa ditanami tanaman endemik yang buahnya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Selain itu area itu juga bisa dipakai untuk camping ground, mengingat pada lokasi itu para wisatawan juga bisa melihat keindahan Gunung Rinjani.


''Kami sudah berkomitmen kuat untuk menjaga ekologi di kawasan TNGR ini," tutupnya.

Posting Komentar untuk "Ratusan Penghobi Sepeda Gunung Ikuti Event King of Bornong Enduro"