Lapangan Anjani Menggelegar, Ribuan Santri Lantunkan Shalawat

 

Situasi malam Nusantara Bershalawat di Lapangan Umum Anjani, Rabu (09/11) malam. 


Lombok Timur, CBM - Lapangan Hj. Sitti Raihanun ZAM Pondok Pesantren (Ponpes) Syaikh Zainuddin Anjani pada Rabu (09/11) malam menggelegar oleh lantunan shalawat ribuan santri, hal itu dilaksanakan untuk memperingati hari Pahlawan pada 10 November 2022.


Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh para tokoh, serta para tokoh petinggi dari Nahdlatul Wathan (NW) dan sejumlah tokoh lainnya, serta para pejabat. 


Ketua Panitia, Muh Munir Fauzi mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memperingati hari pahlawan atas jasa-jasa dan pengorbanan yang dilakukan untuk kemerdekaan Bangsa Indonesia, khusunya pahlawan asal NTB yakni TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. 


"Ini adalah cara kita bersyukur dan mengenang jasa para pahlawan kita, terlebih mengenang jasa guru kita yang juga merupakan pahlawan nasional," ungkapnya saat ditemui di lokasi acara, Rabu (09/11). 


Peringatan Hari Pahlawan dirangkaikan dengan beberapa kegiatan lainnya seperti jalan sehat, hiziban akbar, shalawat akbar, serta upacara peringatan Hari Pahlawan yang dilaksanakan pada Kamis 10 November 2022. Selain Nusantara Bershalawat, kegiatan itu juga dirangkaikan dengan pelantikan pasukan Paskibraka yang akan bertugas pada momen upacara peringatan. 


"Dengan kegiatan momentum Hari Pahlawan ini untuk membangkitkan rasa kecintaan kita kepada bangsa dan para pahlawan, sehingga perjuangan para pahlawan terus kita kenang dan implementasikan," jelasnya. 


Almagfurullah Mualana Syaikh sendiri dinobatkan menjadi pahlawan nasional pada tahun 2017 silam, ia juga merupakan pendiri dari organisasi keagaaman seperti NWDI, NBDI dan NW. 


Sementara itu, mewakili keluarga pahlawan, Hj. Lale Yaqutunnafis, mengatakan bahwa Maulana Syaikh  adalah pahlawan nasional satu-satunya  dari Suku Sasak yang menjadi kebanggaan negara. Bagaimana pada zaman dahulu ia berjuang dalam bidang pendidikan untuk membawa masyarakat Lombok terhindar dari kebodohan. 


"Almagfurullah sangat dalam perjuangannya dalam bidang pendidikan agar masyarakat dapat keluar dari kebodohan dan agar masyarakat tidak mudah diperalat oleh penjajah," tugasnya. 


Diingatkannya, bahwa berbagai cara yang dapat dilakukan masyarakat dalam mengisi kemerdekaan, salah satunya dengan terus melanjutkan perjuangan Almagfurullah Maulana Syaikh seperti menghidupkan majelis taklim, menghidupkan perjuangan dan apa yang telah diajarkan, dan semakin mendalami kecintaan pada NW yang telah didirikan oleh Maulana Syaikh. 


Kepala Dinas Sosial yang mewakili Gubernur NTB, H. Ahsanul Khaliq juga pada momen Nusantara Bershalawat memberikan motivasi kepada para jamaah agar untuk melanjutkan perjuangan dan cita-cita Maulana Syaikh dengan terus menanamkan kecintaan terhadap beliau, terlebih mencintai NW yang telah susah payah didirikan hingga sebesar saat ini. 


"Terus tanamkan kecintaan terhadap NW, karena dengan itu dapat mencerminkan kecintaan kita pada Maulana Syaikh dan terus mewarisi perjuangan beliau," pungkasnya. 

Posting Komentar untuk " Lapangan Anjani Menggelegar, Ribuan Santri Lantunkan Shalawat"