53 Desa di Lotim Ikuti Pilkades Serentak

 

Pilkades Serentak 2023, Kamis (05/01/2023). (CBM/Istimewa). 


Lombok Timur, CBM - Pada tahun 2023 ini sebanyak 53 desa yang tersebar di 20 Kecamatan di Kabupaten Lombok Timur akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak pada bulan Maret mendatang. 


Kepala Bidang Pemerintahan dan Kelembagaan Desa, Lukmanul Hakim menyampaikan bahwa dari 21 Kecamatan yang ada di Lombok Timur hanya satu kecamatan yang tidak mengikuti Pilkades pada tahun ini yakni Kecamatan Sembalun.


"Hanya Kecamatan Sembalun saja yang tidak mengikuti Pilkades tahun ini," Ujarnya , Kamis (5/1).


Dari 53 desa yang mengikuti kontestasi Pilkades tahun ini, terdapat sebanyak 40 Kades aktif yang kembali ikut maju dalam Pilkades mengingat akhir kabarnya akan berakhir pada tanggal 27 Februari mendatang.


Sementara bagi 40 Kades yang kembali maju pada Pilkades tahun ini kata dia, harus mengikuti aturan yang ada yakni harus mendapatkan izin dari Bupati Lombok Timur.


 "Tapi  40 Kades ini telah mendapatkan izin dari Bupati Lombok Timur," singkatnya.


Setalah ditetapkan menjadi calon kepala desa, maka kades yang bersangkutan harus mengambil cuti sejak ditetapkannya menjadi calon kepala desa. Sehingga proses pemerintahan desa akan digantikan oleh pelaksana tugas (PLT) yang diangkat dari Sekdes atau perangkat desa yang lain.


"Cutinya harus dari Bupati, sehingga proses pemerintahan desa akan digantikan oleh PLT yang diangkat dari Sekdes atau perangkat desa yang lain, bukan dari kecamatan," jelasnya.


Saat ini tahapan Pilkades di 53 desa masih dalam proses penyaringan, verifikasi dan klarifikasi persyaratan administrasi bakal calon. Sebab penetapan calon kades pada tanggal 9 Januari mendatang.


"Tetapi kalau desa-desa yang calonnya lebih dari lima calon maka ada seleksi tambahan, tapi kalau kurang dari lima maka tanggal 9 Januari itu dia langsung cuti," tutupnya.

Posting Komentar untuk "53 Desa di Lotim Ikuti Pilkades Serentak"