Tiga Desa Miliki Balon Lebih Dari 5 Akan Ikuti Tes Tambahan

Salmun Rahman Kadis PMD Lotim, Jumat (13/01/2023). (CBM/Gib)


Lombok Timur, CBM - Dari 53 desa yang yang mengikuti pemilihan kepala desa (Pilkades) Serentak pada bulan Maret mendatang, terdapat tiga desa yang akan mengikuti seleksi tambahan. Hal itu dikarenakan bakal calon Kades (Balon kades) di desa tersebut melebihi lima orang calon.


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lombok Timur, Salmun Rahman mengatakan proses Pilkades serentak di Lombok Timur saat ini sudah pada proses pencabutan nomor urut calon. Namun terdapat empat desa yang belum bisa mengambil nomer urut calon, hal itu lantaran 3 desa memiliki bakal calon lebih dari dan 1 desa memiliki bakal calon yang kurang dari 2 orang. 


"Dalam waktu dekat ini desa yang lebih balonnya akan kami fasilitasi untuk mengikuti tes tulis tambahan," ungkapnya, (13/1).


Adapun tiga desa yang memiliki bakal calon kepala desa lebih dari 5 yakni Desa Aikdewa dengan 7 orang, Desa Denggen Timur, dan Desa Menceh. Hasil tes tulis ini kata Salmun akan di umumkan langsung setelah ujian berkahir, hal itu untuk mengantisipasi adanya kecurigaan balon kades yang tidak lulus terhadap panitia desa maupun panitia kabupaten.


Adapaun terkait jadwal pelaksanaan ujian tambahan ini, Salmun belum bisa menyebutkan tanggal kapan akan dilakukan secara pasti, karena ketua panitia Pilkades serentak dalam hal ini Sekda Lombok Timur masih berada di Luar Daerah, sehingga harus menunggu kepulangannya.


"Insyaallah pertengahan bulan Januari ini, kita akan menunggu sekda pulang dari luar daerah dulu karena beliau menjadi ketua panitia kabupaten," terangnya.



Sementara itu desa yang memiliki balon kades yang kurang dari dua orang ialah desa Kerumut, sehingga proses pendaftaran balon kades di perpanjang sampai dengan 20 hari kedepan. Namun Jika batas waktu perpanjangan ini tidak kunjung ada calon yang muncul maka pelaksanaan Pilkades di desa tersebut akan ikut pada Pilkades serentak selanjutnya. 


"Setelah ada masa perpanjang ini tetap tidak ada yang muncul maka terpaksa ikut Pilkades selanjutnya. Sebenarnya sebelumnya sudah ada yang mendaftar sebanyak 7 orang, tapi 6 orang tidak lulus karena tidak memenuhi persyaratan, dan kebanyakan persyaratan yang tidak bisa dipenuhi ialah pada jumlah dukungan," tutupnya.

Posting Komentar untuk "Tiga Desa Miliki Balon Lebih Dari 5 Akan Ikuti Tes Tambahan"