Bupati dan OPD Lingkup Pemkab Lotim Ikut Berpartisipasi Donor Darah

 

Bupati Lombok Timur, H. M. Sukiman Azmy, Senin (05/06). 
(CBM/Gib). 

Lombok Timur (CBM) - Bupati Lombok Timur H.M Sukiman Azmy turut berpartisipasi pada kegiatan Bakti Sosial Donor Darah dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia Tahun 2023, dan Hari Kebangkitan Nasional yang digelar di Gedung PSC RSUD dr. R. Soedjono Selong, Senin (05/06).


Kegiatan tersebut sebagai upaya untuk menunjang Milenium Development Goals (MDGs) yang salah satunya adalah menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI), peserta berasal dari perwakilan OPD se-Lombok Timur, anggota Koramil Lombok Timur, dan anggota Polres Lombok Timur dengan target 400 kantong darah.


Dalam sambutannya, Bupati Sukiman menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah akan melanjutkan kegiatan tersebut pada bulan Juni mendatang dengan cara memprogramkan dalam kurun waktu satu bulan 21 Kecamatan di Lombok Timur harus melaksanakan kegiatan donor darah di Kecamatan masing-masing.


"Kita programkan dalam kurun waktu satu bulan, 21 Kecamatan yang ada di Lombok Timur harus melaksanakan kegiatan donor darah di Kecamatan masing-masing," ucapnya.


Selain itu, juga akan dipusatkan di RSUD dr. Soedjono Selong, sehingga menjadi 22 lokasi tetap tempat pendonoran darah. Ia berharap langkah tersebut dapat menjadi solusi dalam memfasilitasi kekurangan darah di Rumah Sakit, karena setetes darah adalah kehidupan.


"Tentunya kita berharap melalui langkah ini dapat menjadi solusi kita membantu dan memfasilitasi kurangnya stok darah di RS," terangnya.


Ditempat yang sama, Direktur RSUD dr. Raden Soedjono Selong dr. H.M Hasbi Santoso mengatakan bahwa persediaan stok darah di UTD RSUD dr. R. Soedjono Selong berasal dari donor darah dalam Gedung dan Mobile Unit donor daerah (di luar gedung). 


"Dari UTD RSUD dr. R. Soedjono Selong juga tetap melakukan permintaan darah ke PMI cabang Lombok Timur jika stok darah kurang," katanya.


Hasbi juga menegaskan bahwa untuk memenuhi kebutuhan darah, RSUD dr. R. Soedjono Selong sejak tahun 2021 telah melakukan beberapa kali kegiatan donor darah, melayani permintaan darah WB (Whole Blood), (packed red cell), TC (Trombocyt Concentrate), Plasmapheresis serta Trombhopheresis.

Posting Komentar untuk "Bupati dan OPD Lingkup Pemkab Lotim Ikut Berpartisipasi Donor Darah "