Cermati Capaian PAD, Bupati Soroti Realisasi PAD Dinas Perdagangan

 

Bupati Lorim, H. M. Sukiman Azmy, Jumat (23/06/2023).
(CBM/Gib). 

Lombok Timur (CBM) - Pemda Lombok Timur gelar rapat evaluasi pengelolaan pasar dan optimalisasi pendapatan asli daerah (PAD) untuk mewujudkan target yang telah ditetapkan. pada Jumat (23/06).


Bupati Lombok Timur, H.M Sukiman Azmy mencermati capaian pendapatan asli daerah (PAD) saat ini dan menyoroti realisasi PAD Dinas Perdagangan yang merupakan leading sektor pengelolaan pasar. " Ucap Bupati, saat memimpin rapat evaluasi pengelolaan pasar dan optimalisasi pendapatan asli daerah (PAD), di Rupatama 1 kantor Bupati.


Bupati Sukiman juga menyesalkan masih terdapat kebocoran pendapatan daerah dari sektor pajak dan retribusi dari pasar bahkan di desa. Oleh karenanya, Sukiman meminta semua pihak untuk berikhtiar seoptimal mungkin agar PAD minimal 20% dari APBD, atau sekitar Rp. 600 miliar.


Selain itu, masih terkait pasar Sukiman selama ini menilai camat kurang berkordinasi dengan OPD terkait. Sehingga Ia berharap kondisi pasar di berbagai wilayah dapat ditingkatkan sebagai upaya peningkatan pelayanan dalam melakukan evaluasi terhadap tarif retribusi pasar.


"Untuk para camat saya berharap untuk memberikan perhatian dan melakukan penataan terhadap pasar yang ada di wilayah masing-masing, karena kondisi pasar yang masih dinilai tidak nyaman, termasuk sampahnya," kata Bupati.


Adapun untuk mencegah penggelapan pajak, Sukiman meminta kepala pasar yang lebih bertanggung jawab untuk lebih kompeten dalam menangani hal tersebut. “Cari yang mampu dan lebih progresif, panggil kepala pasar satu per satu. Jika tidak mampu, berhentikan. Jika mampu, lanjutkan,” tegasnya. 


Diingatkannya pula untuk menetapkan target bagi masing-masing kepala pasar. Pada kesempatan tersebu, tak hanya mengevaluasi sektor perdagangan, tetapi juga seluruh OPD penyumbang PAD. Ia meminta agar seluruh pimpinan OPD untuk lebih aktif lagi dan turun langsung melihat kondisi di lapangan, “Tolong rekan-rekan turun ke lapangan, benahi di lapangan, sehingga target kita bisa dicapai,” lanjutnya.


Tak hanya itu, Sukiman juga menyinggung kebocoran pajak desa yang mencapai ratusan juta rupiah.


Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Lombok Timur Efi Laila Kholis yang yang turut hadir mengajak menertibkan wajib pajak guna mendukung pembangunan. Ia menegaskan pentingnya strategi untuk menarik pajak, utamanya dari wajib pajak besar. 


Tak lupa, Efi mengingatkan agar jangan sampai ada konflik kepentingan, “Jika tidak ada konflik kepentingan, kita pasti kerjanya nyaman dan sesuai tupoksi yang kita emban,” katanya.


Turut hadir pada rapat tersebut, Inspektur Inspektorat serta jajaran OPD lingkup kabupaten Lombok Timur, Kabag lingkup Setda dan Camat, serta kepala pasar.

Posting Komentar untuk "Cermati Capaian PAD, Bupati Soroti Realisasi PAD Dinas Perdagangan "