Pj Bupati Lotim Jelaskan Penggunaan BPJS Tanpa Kartu

Pj Bupati Lombok Timur, H.M. Juaini Taofik


Lombok Timur, CBM - Pemerintah Daerah Lombok Timur betkomitmen memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakatnya melalui kepesertaan BPJS, terbukti sejak tahun 2023 lalu Kabupaten Lombok Timur telah menembus capaian Universal Health Coverage (UHC).


Pj Bupati Lombok Timur, H. M Juaini Taofil yang didampingi oleh Kepala Cabang BPJS Selong, Gusti Ngurah Catur Wiguna, dan Pj Sekda Lombok Timur, Hasni. Juaini memberikan penjelasan perbedaan pelayanan BPJS saat ini berbeda dengan sebelumnya.


Dikatakannya, di mana dulunya pada saat mengunjungi fasilitas kesehatan dimintai KTP dan juga kartu BPJS. Namun saat ini cukup diberikan KTP saja tanpa kartu BPJS sudah bisa digunakan untuk berobat.


"Kalau dulu bapak, ibu, semeton jari jika ingin berobar atau opname, bapak ibu di samping ditanyai KTP-nya pasti juga ditanyai mana BPJS-nya," ucapnya, Rabu (21/02/2024).


Dijelaskan juga oleh Juaini bahwa per Desember 2023 Kabupaten Lomboo Timur sudah menembus UHC, bahkan sudah mencapai 98 persen. Dengan capaian tersebut jumlah masyarakat Lombok Timur yang tercover BPJS kesehatan mencapai 1 juta lebih.


"Alhamdulillah per Desember kemarin kita sudah UHC di Lombok Timur ini, bahkan UHC-nya mencapai 98 persen. Itu artinya satu juta lebih masyarakat Lombok Timur sudah tercover BPJS Kesehatan," terangnya.


Di samping BPJS kesehatan dibayarkan oleh Pemerintah Pusat, juga dibiyai oleh Pemerintah Daerah Lombok Timur demi pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat. Pada tahun 2023 ini Pemerintah Daerah telah menganggarkan sekitar Rp31 Miliar, dan pada tahun 2024 meningkat mencapai Rp61 Miliar.


"Sudah hampir 100 persen peningkatannya, itu untuk apa? supaya negara hadir dalam penyediaan pelayanan kesehatan, di mana kesehatan itu merupakan hak dasar dan itu gratis," ungkapnya.


Pj Bupati Lombok Timur sendiri mempersilahkan masyarakat untuk mengakses pelayanan pada fasilitas kesehatan. Masyarakat diminta tak perlu ragu-ragu jika belum mengetahui apakah BPJS kesehatannya masih aktif atau non aktif.


"Bapak ibu tidak perlu ragu-ragu dan khawatir apakah BPJS-nya aktif atau tidak aktif, datang saja ke puskesmas lalu tunjukkan KTP-nya kepada petugas untuk mengeceknya dengan hanya modal NIK, BPJS-nya langsung bisa diaktifkan,"pungkasnya.



Posting Komentar untuk "Pj Bupati Lotim Jelaskan Penggunaan BPJS Tanpa Kartu"