Rumput Laut Lotim Siap Hilirisasi dan Produksi Biofuel

 

Lokasi Budidaya Runput Laut Pantai Ekas


Lombok Timur, CBM - Presiden RI Joko Widodo direncanakan akan berkunjung ke Lombok Timur tepatnya di Teluk Ekas, Kecamatan Jerowaru. Di mana kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu akan memangau Showcase Pilot Project budidaya rumput laut skala besar terintegrasi hulu – hilir, dikarenakan Lombok Timur masuk dalam pengembangan Blue Food.


Pj Bupati Lombok Timur, H. M Juaini Taofik mengatakan bahwa sekarang ini program pemerintahan sedang fokus dengan hilirasi, salah satunya yang akan ditinjau Presiden Joko Widodo yakni hilirisasi rumput lauk di Teluk Ekas.


"Selama ini rumput laut kita tanam di Lombok Timur dan kita kirim ke luar, nah sekarang di Ekas sedang berdiri pabrik dari PT.Sisik," ungkapnya, Jumat (23/02/2024).


Luas pembididayaan rumpu laut di Lombok Timur khususnya di Ekas mencapai 100 hektar, nantinya hasil panen dapat langsung dihilirasasi dengan dibuatkan pabrik untuk menciptakan suatu produk unggulan.


"Produk yang dihasilkan itu ada biofuel, biofuel ini kan minyak rumput laut yang menggantikan BBM," terangnya.


Tak hanya itu, produk yang dihasilkan dari rumput laut itu sendiri yakni pupuk dan plastik kapsul. Produk turunan dari rumput laut diyakini Pj Bupati Lombok Timur dapat mencapi 4-5 produk jadi yang siap untuk dipasarkan.


"Ini pasarnya sudah jelas, saya pernah ke Buleleng menyaksikan hilirisasinya dan informasinya di Ekas ini jauh lebih besar dengan yang ada di Buleleng itu. Dan itulah yang menarik perhatian bapak Presiden," tuturnya.


Pj Bupati juga menjelaskan bahwa hilirisasi tersebut awalnha dari sektor pertambangan. Sehinga PT. Amman Mineral juga didorong untuk membuat smelter agar sehingga barang mentah tidak dikirim lagi ke Amerika tapi langsung diurai seperti emas, dan mineral lainnya.


"Jadi konsepnya sekarang seperti itu, hilirisasi ini pokoknya harus dihasilkan di sana. Artinya apa? nanti pasti ada peningkatan produktifitas dari rumput laut dan juga pasti harga akan kompetitif," pungkasnya.





Posting Komentar untuk "Rumput Laut Lotim Siap Hilirisasi dan Produksi Biofuel"