Pengoptimalan Penggunaan Produk Lokal, Industri Kecil Difasilitasi Sertifikat

 

Sambutan Pj Bupati dalam TKDN-IK


Lombok Timur, CBM - Pemerintah saat ini tengah gencar melaksanakan hilirisasi dengam memperkuat industri di setiap daerah. Unuk itu Pemerintah Daeeah Lombok Timur bersama dengan Kementerian Periduatrian RI dan Direktorat IKM Pangan, Furniture dan Bahan Bangunan memberikan pemahaman serta fasilitasi pendaftaran sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri untuk Industi Kecil (TKDN-IK).


Pj Bupati Lombok Timur, H. M. Juaini Taofik mengatakan bahwa upaya itu dilakukan dalam rangka mendorong peningkatan sertifikasi TKDN IK, sehingga nantinya para pelaku industri kecil dan menengah bisa berpartisipasi pada pengadaan barang dan jasa pemerintah yang akan berujung pada penggunaan produk lokal.


"Nantinya setiap pengadaan barang dan jasa tidak lagi mengandalkan dari luar, melainkan diisi oleh produk lokal kita," ungkapnya saat sosialisasi TKDN IK, Senin (21/05/2024).


Pj Bupati mengaku peran Pemerintah Daerah belum optimal dalam memberdayakan industri kecil menengah (IKM) di Kabupaten Lombok Timur. Karena itu ia mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap kegiatan itu menjadi tonggak menuju kesuksesan bagi IKM. 


Terlebih, penyelenggaraannya bertepatan dengan momentum Hari Kebangkitan Nasional (HKN) diharapkan untuk bangkit di periode ke-2 menuju Indonesia Emas. Di Kabupaten Lombok Timur sendiri didominasi industri pangan, diharapkan sektor ini selaras dengan hilirisasi dan industrialisasi yang tengah digalakkan di Lombok Timur. 


"Kita harapkan aga IKM dapat berkembang dan selaras dengan hilirisasi dari Pemerintah Pusat," tegasnya.



Diharapkan juga dengan berkembangnya IKM akan menjadi salah satu lapangan pekerjaan yang mampu menyerap lebih banyak lagi sumber daya manusia. Sehingga lapangan pekerjaan tidak hanya terpusat di sektor pemerintahan saja.


"Ini harus dimulai dari pemerintah sendiri untuk memberikan stimulan kepada para pelaku IKM, serta dengan pelatihan ini dapat menjadi jawaban dan solusi atas permasalahan dan pertanyaan para pelaku IKM," tuturnya.


Suksesnya kegiatan tersebut tentu merujuk pada hadirnya semua IKM, serta, meningkatnya kapasitas dan kompetensi. Disisi lain, la berharap peserta Bimtek tersebut dapat memiliki wawasan dan pengetahuan cara membangun suatu usaha yang layak dengan melengkapi legalitas usaha,membantu IKM untuk bisa ikut dalam pengadaan barang/jasa pemerintah serta meningkatkan penyerapan produk dalam negeri khususnya produk lokal yang ada di daerah ini.





Posting Komentar untuk "Pengoptimalan Penggunaan Produk Lokal, Industri Kecil Difasilitasi Sertifikat"