Satlantas Polres Lotim Segera Buka Layanan SIM C1

Acara launching pelayanan SIM C1, Sabtu (20/07/2024).(CBM/Gib).


Lombok Timur, CBM - Satuan Lalu Lintas Polres Lombok Timur segera melayani penerbitan SIM C1 untuk kendaraan roda yang berkapasitas 250 hingga 500 cc, bahkan dipilih menjadi pilot project untuk memulai pelayanan dan penerbitan SIM terbaru tersebut oleh Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia (Korlantas Polri).


Hadir dalam acara peluncuran program tersebut yakni Direktur lalu lintas (Dirlantas) Polda NTB Kombes pol Romadhoni Sutardjo, Dandim 1615/Lotim, Letkol Inf Bayu Sigit Dwi Untoro, Kapolres Lotim AKBP Heri Indra Cahyono, bertempat di Satlantas Polres Lotim, Sabtu (20/7/2024).


Dirlantas Polda NTB, Kombes pol Romadhoni Sutardjo mengatakan bahwa penerbitan SIM C1 ini dilakukan guna mengakomodir nanti para pengendara yang memiliki kendaraan roda 2 dengan kapasitas 250 sampai dengan 500 cc.


"Jadi Lombok Timur ini yang kedua, yang pertama itu Lombok Barat, karena di sana merupakan satpas ototipe pertama di NTB ini, sehingga otomatis di sana gedung dan lapangan uji prakteknya sudah sesuai dengan spektak perlintasan," ucap Romadhoni.


Saat ini, hal yang perlu dilengkapi oleh Satlantas Polres Lotim mengena satpas prototype yang menjadi standar pelayanan SIM C1 tersebut.


Meski demimian, ia memastikan untuk saat ini, pelayanan pembuatan SIM C1 untuk roda dua kapasitas 250 sampai 500 CC di Satlantas Polres Lotim sudah bisa terakomodir 


"Untuk yang SIM C2 kita masih menunggu apakah nanti dari Korlantas Polri ke depan juga akan membuka, karena seperti kita ketahui juga masih ada kendaraan roda 2 yang CC nya lebih dari 500 CC," jelasnya.


Terkait pembiayaan pembuatan SIM C1 ditegaskan Ramadhoni sama dengan pembiayaan dalam pembuatan SIM C biasa.


"Kalau biaya sendiri untuk pembuatan SIM C1 Sama dengan SIM C biasa. Jadi tidak ada perbedaan seperti itu," tutupnya.


Ditempat yang sama, Kasat Lantas Polres Lombok Timur, AKP Tira Karista menambahkan, menjadi kebanggaan Polres Lotim karena bisa melayani pembuatan SIM C1. Mengingat tidak semua Polda dan Polres yang ada di Indonesia bisa diberikan program yang sama.


"Jadi kita bersyukur sekali di sini kita

mendapat kepercayaan lebih dari Korlantas Mabes Polri," ungkapnya.


Diyakininya, dipilihnya Satlantas Polre Lotim untuk menjalankan program tersenut juga sudah dipertimbangkan oleh Korlantas Polri sendiri.


"Pastinya ada tolak ukur yang sangat diperhatikan oleh Korlantas Mabes

Polri sehingga Polres Lotim menjadi pilot project yang kedua di NTB," pungkasnya.

Posting Komentar untuk "Satlantas Polres Lotim Segera Buka Layanan SIM C1"